Ada kesalahan di dalam gadget ini

Senin, 05 April 2010

Radio


PENGENALAN RADIO DAN FUNGSINYA.

Radio memiliki sejumlah fungsi, seperti mentransmisikan pesan, memdidik,membujuk, dan menghibur. Dalam penyampaian pesannya, radio bisa mengambil model komunikasi apa saja. Entah itu model satu arah, mapun dua arah. Model satu arah, maupun dua arah. Model satu arah mengasumsikan radio sebagai komunikator tunggal yang menyampaikan pesan pada khalayak pasif. Sedangkan model dua arah memosisikan radio sebagai komunikator yang melakukan intelektual timbal nalik dengan khalayak aktif. Kecenderungannya memang kini lebih banyak acara-acara interaktif di radio. Dengan Slogan “sahabat Bagi Siapa Saja”, agak sulit jika radio bertahan dengan model komunikasi klasik yang bersifat linear satu arah. Radio semacam itu akan ditinggalkan oleh para pendengar yang merasa tidak terlibat dalam program yang diudarakan.
Radio tergolong sebagai media elektronik sebagaimana media komunikasi massa lainnya radio memiliki kekhasan tersendiri.

Kekuatan Radio :

1. Radio dapat membidik khalayak yang spesifik. Artinya, Radio memiliki kemampuan untuk berfokus pada kelompok demografis yang dikehendakinya, selain itu untuk mengubah atau mempertajam segmen atau ceruk sasaran yang dituju, radio jauh lebih fleksibel dibandingkan media komunikasi massa lainnya.
2. Radio bbersifat mobile dan portable. Orang bisa menjinjing radio kemana saja. Sumber energinya kecil dan sama portablenya. Radio bisa menyatu dengan alat fungsi alat penunjang kehidupan lainnya mulai dari senter, mobil, hanphone.
3. Radio bersifat intrusif, memiliki daya tembus yang tinggi. Sulit sekali menghindar dari siaran radio, begitu radio dinyalakan, radio bisa menembus ruang-ruang dimana media lain tidak bisa masuk, misalnya dalam mobil. Walaupun kini televisi menjadi acesoris tambahan tetap radio tak terpisahkan.
4. Radio bersifat flexible, dalam arti dapat menciptakan program dengan cepat dan sederhana, dapat mengirim pesan dengan segera, dan secepat membuat perubahan.
5. Radio itu sederhana: sederhana mengoperasikannya, sederhana mengelolanya dan sederhana isinya.

Kelemahan Radio :

1. Satu-satunya yang diandalkan oleh radio adalah bunyi. Radio tidak dilengkapi dengan kemampuan menyampaikan berita melalui gambar.
2. Radio hanya menyampaikan pesan satu arah, sekilas dan tidak dapat ditarik lagi begitu diudarakan.Oleh karena itu menyampaikan pesan melalui radio tidak bisa main-main.
3. Mendengarkan radio itu rentan pendengaran. Radio hanya berurusan dengan satu indra saja:pendengaran. Begitu pendengaran terganggu, maka tidak ada lagi cerita radio dalam kehidupan seseorang. Orang kerap mendengarkan radio



Daya serap Informasi Radio.

- 7% bersumber dari ekspresi verbal,
- 38% berasal dari faktor audio
- 55% berasal dari ekspresi wajah.

Radio adalah media yang menyampaikan pesan menggunakan sarana audio. Maka keterserapan informasi atau kemampuan pendengar memaknai radio tidak lebih dari 38% saja!

Lembaga dan regulasi radio.

Undang – undang penyiaran No. 32 / 2002 yang berlaku di Indonesia memerinci jenis-jenis lembaga penyiaran sebagai berikut :

1. Lembaga penyiaran publik, yaitu lembaga penyiaran berbentuk badan hukum yang didirikan oleh negara, bersifat independen, netral, tidak komersial, dan tugasnya adalah memberi pelayanan publik yang terkait penyiaran ( pasal 14 ) contohnya RRI dan TVRI.
2. Lembaga penyiaran swasta, yaitu lembaga penyiaran berbrntuk badan hukum bersifat komersial tujuannya adalah menyelenggarakan jasa penyiaran ( pasal 16 ) atau dengan kata lain mengekpoitasi peluang ekonomi lembaga penyiaran. Sebagian besar radio dan TV yang kita kenal sekarang ini adalah lembaga penyiaran swasta.
3. Lembaga penyiaran komunitas, yaitu lembaga yang berbentuk badan hukum yang didirikan oleh komunitas tertentu, bersifat independen, tidak komersial, dengan daya pancar rendah, jangkauan wilayah cakupannya kecil dan tujuannya adalah melayani komunitas ( pasal 21 ) contohnya radio komunitas kampus, komunitas petani dan TV-TV lokal.
4. Lembaga penyiaran berlangganan, yaitu lembaga penyiaran berbentuk badan hukum yang menyelenggarakan jasa penyiaran berlangganan bermacam-macam ada yang melalui satelit, TV kabel, jaringan terestrial contohnya TV kabel yang banyak beroperasi di Indonesia.

Jurnalisme radio dipraktikan oleh RRI sebagai bagian dari tanggung jawab sosial. RRI mengemban fungsi yang sangat strategis. RRI menjadi bagian dari pendidikan massa dan pemersatu bangsa disamping menghibur masyarakat.

Ingin tahu lebih banyak ????

Beli bukunya : Jurnalisme Radio
Karya : Santi Indra Astuti
Info pesan : Dody (022) 76697476
Fax : 0225208370

Tidak ada komentar:

MTV Music Videos

Ada kesalahan di dalam gadget ini